Pages

Jenis-jenis ruang bakar mesin diesel

 
Info Otomotif - Ruang bakar mesin diesel merupakan bagian yang terpenting untuk menentukan kemampuan mesin diesel. Telah dikembangkan berbagai macam konfigurasi ruang bakar mesi diesel untuk menjamin bahan bakar yang disemprotkan ke dalamnya dapat mengurai, mengabut, dan bercampur rata dengan udara. Ruang bakar diesel yang digunakan pada kendaraan-kendaraan antara lain,
 
1. Tipe Injeksi Langsung (Direct Injection)
Injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
 
2. Tipe Ruang Bakar Kamar Depan
Seperti terlihat pada gambar di atas, bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion chamber). Sebagian akan terbakar di tempat, dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar ditekan melalui saluran kecil antara ruang bakar kamar depan dan ruang bakar utama dan selanjutnya terurai menjadi partikel yang halus dan terbakar habis di ruang bakar utama (main chamber).
 
3. Tipe Kamar Pusar (Swirl Chamber Type)
Seperti terlihat pada gambar, kamar pusar (swirl chamber) mempunyai bentuk spherical. Udara yang dikompresikan oleh piston memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang diinjeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar utama (main combustion chamber) melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis ruang bakar mesin diesel"

Posting Komentar